4 Alasan Rumah Dijual Susah Laku dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda sering melihat berbagai rumah dijual mudah sekali laku dan mungkin penjualnya untung banyak. Sedangkan Anda yang sedang menjual rumah juga, ternyata mengalami kesulitan dalam menjualnya. Rumah Anda susah laku. Meskipun ada calon pembeli yang datang, biasanya mereka hanya melihat saja tanpa melakukan penawaran.

Nah, bila sudah begini, sebenarnya siapa yang salah? Apakah Anda sebagai penjual yang tidak melakukan usaha terbaik, atau calon pembeli yang terlalu pemilih? Sebenarnya, ada banyak alasan yang membuat rumah Anda yang dijual susah laku. Anda harus menemukan pemecahannya hal ini tidak berlangsung lama dan membuat rumah Anda laku terjual.

Alasan Rumah Susah Laku Saat Dijual

Ada banyak alasan yang menyebabkan rumah susah laku saat dijual. Padahal, sebenarnya rumah adalah kebutuhan utama bagi setiap orang sebagai tempat berteduh. Kalau dipikirkan secara logika, memang hampir tidak mungkin jual beli properti ini sepi peminat. Namun nyatanya, di kota-kota besar, biasanya rumah cepat laku bila dijual tapi ada juga yang susah. Sebenarnya apa saja alasannya?

  1. Harga Rumah Terlalu Tinggi

Hal pertama yang membuat rumah yang Anda jual susah laku adalah harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Memang, saat ini harga jual sebuah rumah memang tinggi, terutama bila letaknya strategis. Akan tetapi, tetap ada harga maksimal yang wajar. Penjual tak boleh menetapkan harga terlalu tinggi.

Memang, biasanya penjual menetapkan harga terlalu tinggi dengan tujuan agar saat tawar menawar harga rumah tersebut tidak terlalu turun. Namun, strategi menetapkan harga yang terlalu tinggi ini tidak tepat karena justru membuat pembeli mundur. Apalagi bila rumah yang Anda miliki tidak berada di kawasan yang strategis.

  1. Kondisi Fisik Rumah yang Tak Terawat

Hal lain yang membuat rumah dijual Anda susah laku adalah kondisi fisik rumah yang tak terawat. Kondisi fisik yang bagus adalah nilai tambah dari suatu rumah yang akan dijual. Jika kondisi fisiknya jelek apalagi mengalami banyak kerusakan, pembeli pastinya berpikir ulang untuk membelinya.

Walaupun hunian yang ingin Anda jual ini berada di lokasi yang super strategis atau dengan desain yang modern dan menawan, tetap saja tidak akan dilirik pembeli jika keadaan fisiknya jauh dari kesan terawatt.

  1. Pemilik Rumah yang Tidak Kooperatif

Alasan lain yang membuat calon pembeli tidak jadi membeli rumah yang Anda tawarkana dalah Anda tidak kooperatif. Misalnya bila calon pembeli ingin melihat dokumen tanah, tapi Anda tak mau memperlihatkannya. Jika Anda melakukan ini, calon pembeli biasanya akan curiga dengan status tanah tersebut. Biasanya, mereka juga enggan melanjutkan pembelian.

  1. Minim Promosi

Promosi adalah hal yang paling penting dilakukan untuk bisa menggaet calon pembeli. Bila promosi yang dilakukan minim, atau malah tidak ada sama sekali, siapa yang mau membeli rumah Anda? Seindah apapun rumah yang ingin Anda jual, jika pemasarannya tidak benar, rumah tersebut tidak akan laku karena hanya sedikit yang mengetahuinya.

Cara Mengatasi Rumah yang Susah Laku

Untuk mengatasi penyebab dari rumah dijual susah laku ini, ada baiknya Anda melakukan beberapa cara. Misalnya saja dengan membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik. Bersihkanlah bagian-bagian rumah yang kotor dan renovasilah bagian yang rusak. Anda juga bisa mencoba mengecat rumah Anda lagi.

Dengan begini, pembeli pasti akan tertarik untuk membeli rumah Anda. Lalu, Anda bisa menggunakan bantuan jasa agen properti. Sebenarnya, memasarkan rumah bisa menggunakan berbagai cara. Bisa dengan memasang iklan sendiri ataupun dengan perantara teman. Tapi hal ini akan membutuhkan waktu lama dalam menemukan pembeli.

Bila Anda ingin cepat, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa agen properti. Pasalnya, agen properti biasanya mempunyai database calon pembeli yang cukup banyak. Dengan begitu, mereka bisa menghubungkan Anda dengan pembeli rumah. Menggunakan jasa agen properti juga bisa membantu Anda dalam negoisasi harga.

Apabila Anda adalah tipe orang yang susah bicara atau sulit melakukan tawar menawar yang baik, menggunakan jasa agen properti adalah pilihan yang tepat. Anda tak perlu ribet dalam tawar menawar dengan pembeli, pihak agen akan membantu Anda. Pastinya, dengan cara ini penjualan rumah Anda akan lebih berhasil.

Hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah menetapkan harga jual yang wajar. Agar pembeli tidak mundur sebelum melakukan penawaran, pasanglah harga yang wajar dan sesuai dengan nilai jual properti serupa di sekitar rumah Anda. Jadi, calon pembeli tidak akan mundur duluan saat mendengar harga yang Anda tawarkan.

Sekarang, apakah Anda sudah mengetahui di mana salah dalam menawarkan rumah dijual yang Anda miliki? Anda juga sudah tahu jalan keluarnya, kan? Nah, sekarang, lakukanlah evaluasi terhadap rumah Anda. Jika perlu, lakukanlah perbaikan pada beberapa bagian sehingga tampilannya lebih menarik. Tujuannya tentu saja untuk menarik calon pembeli.